Selain Untuk Promil, Ini Kegunaan Doum (Buah Zuriat)

buah zuriat | pohon zuriat | Hyphaene thebaica | promil alami


Selain dikenal sebagai media program hamil, tanaman buah zuriat ternyata memiliki banyak kegunaan lain. Nyatanya, pohon buah zuriat yang memiliki nama latin Hyphaene thebaica, merupakan tanaman yang paling banyak kegunaannya di dunia, mulai dari buah, daun, batang hingga akarnya dapat diambil manfaatnya.

Batang pohon doum dapat diambil pemanfaatannya sabagai arang dan kayu bakar. Bahkan pada batang yang lebih baik yakni pada jenis jantan dapat dijadikan kaso rumah, rakit, pagar, bantalan kereta api dan lain lain. Pada bagian kulit yang kering bisa dihasilkan pewarna hitam alami untuk pakaian kulit.

Daun pohon doum dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku tekstil, tikar, sapu tali, keranjang dan lain lain. Daun juga digunakan sebagai bahan bakar.

Akar dari pohon doum dapat dijadikan obat bilharzia yang merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh cacing.

Benihnya dapat dijadikan obat mata pada ternak.

Nah, sudah dapat informasi baru mengenai kegunaan tanaman doum atau buah zuriat selain untuk promil alami. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.intechopen.com/books/antioxidants-in-foods-and-its-applications/biological-activities-of-the-doum-palm-hyphaene-thebaica-l-extract-and-its-bioactive-components



Postingan Populer