9 Fakta Manfaat Kurma

kurma | manfaat kurma | diabetes | kanker | alzheimer |


Kurma merupakan buah yang banyak ditemukan di negeri Timur Tengah, Afrika dan Amerika. Kurma memiliki banyak jenis varian, namun yang banyak ditemukan di pasaran Indonesia adalah Tamr atau kurma kering yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah 9 Fakta Manfaat Kurma.

1. Kaya Nutrisi

Kurma kering/tamr mengandung lebih banyak kalori dibanding buah segar, atau setara dengan buah kering lainnya seperti kismin dan tin. Selain itu kurma mengandung vitamin, mineral dan fiber. Kurma juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

kurma, manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan.
2. Kandungan Fiber Yang Tinggi
Memperoleh cukup kandung fiber sangat penting bagi kesehatan. Fiber bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dengan mencegah konstipasi atau sembelit.

3. Kaya Akan Anti-oksidan
Kurma memiliki banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk untuk mengurangi resiko terkena penyakit. Dibandingkan dengan buah sejenis seperti tin dan plum kering, kurma adalah yang tertinggi nilai kandung antioksidan-nya. Setidaknya ada tiga antioksidan utama yang terkandung dalam kurma :
  1. Flavanoids : antioksidan yang sangat kuat untuk mengurangi inflamasi, resiko diabetes, Alzheimer dan kanker.
  2. Carotenoids : membantu kesehatan jantung dan mengurangi kerusakan mata.
  3. Phenolic acid : dikenal sebagai anti inflamasi untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.
4. Membantu Kesehatan Otak
Kurma dapat membantu menurunkan inflamasi dan mencegah pembentukan plak di otak, yang sangat penting untuk mencegah Alzheimer.

5. Membantu Proses Kelahiran
Dalam sebuah studi, 69 wanita yang mengkonsumsi 6 butir kurma setiap hari selama 1 bulan, 20 % lebih berpeluang untuk melahirkan secara normal dibandingkan mereka yang tidak.

6. Pemanis Alami
Kurma kaya akan fruktosa, yang merupakan pemanis alami yang terdapat dalam buah. Oleh karena itu kurma memiliki rasa yang sangat manis.

7. Baik Untuk Kesehatan Tulang
Kurma mengandung beberapa mineral termasuk fosfor, potasium, kalsium, dan magnesium yang baik untuk mencegah osteoporosis.

8. Mengontrol Gula Darah
Kurma mengandung indeks glycemic yang rendah, fiber dan antioksidan. Oleh karena itu mengkonsumsi kurma baik untuk memanage diabetes.

9. Diet Alami
Kurma dapat dijadikan cemilan yang menyehatkan. Bisa juga dicampur atau dikombinasikan dengan buah atau makanan lain. Anda bisa mencoba memulai makan 3/5/7 butir kurma sebagai sarapan pagi, atau pada saat perut kosong. Mengkonsumsi 7 butir kurma dengan segelas susu telah dibuktikan secara ilmiah manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

sumber : Healhline

Postingan Populer