5 Fakta Tentang Kurma

5 Fakta Tentang Kurma

Kurma merupakan salah satu jenis buah yang terkenal di dunia. Tumbuh banyak di dataran padang pasir, kurma mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bahkan dapat dijadikan obat maupun terapi kesehatan. Ajaib ! Inilah 5 fakta tentang kurma yang patut kita ketahui :

1. Kurma dapat dikonsumsi pada semua tingkat kematangan buah. Pada umumnya sebagian orang mengira kurma adalah jenis buah kering seperti yang banyak kita temui. Faktanya kurma memiliki tingkat kematangan yang berbeda beda namun dapat dikonsumsi pada tiap kematangan seperti fase Besr atau matang, ruthab atau semi matang dan tamr atau kering.

2. Kurma kering dapat bertahan dalam jangka periode yang lama. Dan dahulu merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi penduduk padang pasir.

3. Salah satu cara mempertahankan kurma adalah dengan mengekstraknya menjadi sirup "dibs" (sebagian menyebutnya madu kurma), menjamin mereka memiliki cukup sumber nutrisi dan energi sepanjang tahun.

4. Selain dapat dimakan utuh, kurma dapat dinikmati dengan berbagai olahan seperti sirup, kue, biskuit, selai, jus dan lain sebagainya.

5. Kurma dapat dinikmati kapan saja sepanjang tahun namun biasanya sangat berkaitan erat dengan event religius tertentu seperti bulan Ramadan. Sudah menjadi kebiasaan bagi kaum Muslim untuk berbuka puasa dengan beberapa butir kurma.

Nah itu dia 5 Fakta Tentang Kurma. Mudah mudahan menambah wawasan dan kecintaan kita kepada salah satu sunah Nabi Muhammad S.A.W. Semoga bermanfaat.

Postingan Populer