Tips Diet Dengan Kurma

Tips Diet Dengan Kurma

Setiap orang mendambakan memiliki tubuh ideal. Namun sebagian dari masyarakat kota yang memiliki mobilitas yang tinggi terlena oleh kesibukan yang cukup menyita waktu dan perhatian untuk menjalani pola hidup sehat. Pola makan yang tidak teratur, kurang berolah raga, kurang istirahat maupun tekanan tuntutan pekerjaan adalah pemandangan yang dialami wajah masyarakat kota yang super sibuk. Sehingga kesehatan tubuh dan jiwa masyarakat semakin menurun mulai dari stress, kekebalan tubuh berkurang hingga berat badan yang tidak terkendali. Berikut ini Tips Diet Dengan Kurma versi Kurmapedia ;

1. Puasa (sahur dan berbuka dengan kurma)
Puasa selain bernilai ibadah nyatanya memiliki nilai kesehatan yang baik untuk tubuh manusia. Terlebih bagi anda yang sudah biasa merutinkan berpuasa senin kamis, puasa dawud atau lainnya. Biasakan untuk memulai sahur dan berbuka puasa dengan kurma. Dengan mengkonsumsi kurma, tubuh lebih berenergi menjalani puasa. dan penceranaan lebih sehat karena terdapat kandungan serat dalam buah kurma. Namun yang patut ditekankan di sini adalah berpuasa dengan niat ibadah bukan diet. Akan tetapi insya Allah dengan berpuasa tubuh dan jiwa kita akan lebih sehat.

2. Sarapan dengan 7 butir kurma dan segelas susu
Ganti menu sarapan pagi anda dengan 7 butir kurma dan segelas susu. Kebiasaan ini lazim dilakukan oleh para sahabat Nabi Muhammad. Dan sunah tersebut diteliti oleh para ahli dan hasilnya menakjubkan dunia. Selengkapnya baca artikel Keajaiban 7 butir kurma dan segelas susu.

3. Makan kurma saat lapar
Bagi umat Islam ada ketentuan cara makan yang dicontohkan Nabi Muhammad S.AW. Ada beberapa hadis berkaitan dengan hal ini seperti kutipan hadis “makanlah bila lapar dan berhentilah sebelum kenyang“. Dan kurma adalah salah satu sumber makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat lapar dikarenakan sifatnya yang mengenyangkan.

4. Jadikan kurma sebagai cemilan
Junk food adalah makanan yang tidak sehat bila dikonsumsi tubuh dalam waktu yang lama. Berbagai kemungkinan penyakit akan timbul bila kita tidak mengkonsumsinya berlebihan. Daripada nyemil makanan junk food, cobalah untuk menggantinya dengan kurma. Namun tentunya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Anda bisa mencoba mengkonsumsi kurma yang bentuknya lebih besar seperti kurma sukari atau kurma medjool sehingga cukup sebutir saat ingin menyemil.

5. Makan kurma dengan bilangan ganjil
Tahukah anda makan kurma dalam bilangan genap akan menghasilkan gula. Akan tetapi mengkonsumsi kurma dalam bilangan ganjil akan menjadi kerbohidrat. Untuk itu jangan lupa untuk memperhatikan bilangan kurma yang kita makan karena itu adalah sunah dan berkah untuk kesehatan tubuh.

Tambahan
Dalam menjalani tips diet sehat dengan kurma, perlu didukung juga dengan menjaga kesehatan batin dan jiwa kita. Sebagai umat Islam, ada kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap mukmin yaitu sola waktu. Mari kita jadikan solat kita adalah saat terbaik dalam menghadap Allah. Jadikan solat memulihkan jiwa kita yang kosong. Dalam hadits Abu Daud dan Ahmad, Rosulullah bersabda “Yaa Bilal, arihna bi shalaah.” Artinya “Wahai Bilal, Istirahatkan kami dengan shalat.” Dalam sehari, 5 kali seorang mukmim mencharge iman dengan solat. Ada santapan untuk tubuh, ada juga santapan untuk ruh dan jiwa. Semoga kita senantiasa dianugrahi Allah kesehatan lahir dan batin.

Itu di Tips Diet Dengan Kurma versi Kurmapedia. Anda bisa mencoba salah satu diantaranya. Semoga bermanfaat .

Postingan Populer