Tutorial Kurma Tabulampot

Tutorial Kurma Tabulampot

Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui apa itu tabulampot. Padahal tabulampot itu merupakan kependekan dari tanaman buah dalam pot. Selama ini kita sudah mengetahui bahwa banyak dari jenis tanaman Indonesia yang bisa ditanam dalam pot, tapi bagaimana pohon kurma ?? Yang kita tahu, pohon kurma hanya dapat tumbuh di kawasan gurun negeri negeri Arab. Menariknya, pohon kurma kini dapat dibudi dayakan di negeri beriklim tropis seperti Indonesia. Tak sampai di situ, kini ada versi pohon kurma ditanam dalam pot (tabulampot). Ingin tahu cara menanam pohon kurma dalam pot ? Berikut ini adalah langkah langkah Tutorial Kurma Tabulampot.


  1. Siapkan bibit kurma yang baik, terutama hasil dari pembiakan vegetatif. Tujuannya agar hasilnya lebih terprediksi sesuai indukannya. Bibit kurma hendaknya juga dari sumber pembibitan terpercaya.
  2. Siapkan media tanam dari tanah, kompos dana arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau tanah, pupuk domba dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1 juga. Sekam dapat diganti pasir untuk tanaman kurma. Selanjutnya media tanam diaduk hingga merata.
  3. Siapkan pot dengan ukuran yang sesuai. Isi dasarnya dengan pecahan genteng dan ijuk, isi media tanam hingga separuhnya. Letakkan bibit beserta media bawannya, baru diisi tanah secukupnya agar kuat.
  4. Setelah melalui masa transisi 1-2 pekan, letakkan tabulampot di ruang terbuka (untuk pohon kurma membutuhkan cahaya matahari maksimal). Jaga kelembaban tanahnya dengan cara menyiraminya secara berkala. Pada musim kemarau disiram setiap hari. Bisa juga menggunakan penyiraman otomatis Drip Irrigation.
  5. Dari waktu ke waktu, tabulampot perlu dirawat dengan pemangkasana 1-3-9 untuk tanaman bercabang. Sedangkan untuk kurma perlu pemisahan daun tua/kering dan pemisahan tunas.
  6. Media tanam membutuhkan suply nutrisi secara berkala, paling lambat 3 bulan sekali dengan pupuk organik. Hama dan penyakit yang muncul perlu juga diatasi dengan cara organik.
  7. Bersamaan dengan pertumbuhan pohon, pot yang digunakan akan memerlukan pergantian. Pertama untuk meyediakan space yang cukup untuk tumbuh, kemudian juga untuk mengganti media tanam, pemotongan akar yang terlalu panjang, dan pemangkasan daun untuk mengurangi penguapan semasa re-adaptasi ketika pemindahan/penggantian pot dan media tanam.
Demikian Tutorial Kurma Tabulampot ini kami share. Semoga memberi manfaat dan pengetahuan baru.

Baca juga : Kampoeng Kurma Tanjung Sari

Postingan Populer