Mengenal Varian Kurma Tropis

Kebun kurma tropis, thailand, kurma KL 1


Kurma Tropis merupakan jenis varian baru pohon kurma yang dapat dibudidayakan di daerah tropis. Karena stigma selama ini adalah "Apa bisa pohon kurma dapat tumbuh di Indonesia?", "Bukankah pohon kurma hanya bisa tumbuh dan berbuah di Arab sahaja ?" Pertanyaan pertanyaan tersebut mungkin timbul di benak kita, menyangsikan pohon kurma dapat tumbuh dengan baik di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis. Namun hal tersebut tidaklah benar. Sebelum menjawab stigma negatif yang ada di benak kita sendiri tentang Kurma Tropis, mari lebih dahulu mengenal sepintas karakteristik pohon kurma seperti apa.

Karakteristik Pohon Kurma
Pohon kurma masih termasuk dalam jenis tanaman palem dengan nama latin Phoenix dactylifera. Pohon kurma memiliki banyak manfaat bagi manusia. Seluruh bagian pohon kurma memiliki kegunaan terutama buahnya yang kita kenal baik sekali untuk kesehatan tubuh dan bahkan spiritual. Pohon kurma merupakan jenis tanaman berumah tunggal, yaitu hanya jenis pohon betina saja yang bisa berbuah sedangkan pohon jantan tidak. Pohon Kurma Jantan memang tidak menghasilkan buah melainkan serbuk bunga yang juga sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kesuburan organ reproduksi. Pohon kurma dapat tumbuh dengan baik pada suhu di atas 18 derajat celcius. Dan untuk berbunga serta berbuah membutuhkan suhu di atas 25 derajat celcius. Sehinggga dapat kita simpulkan bahwa pohon kurma berpotensi untuk tumbuh dan berbuah di Indonesia yang memiliki suhu 22-34 derajat celcius. Fakta ini membantah stigma negatif bahwa pohon kurma tidak berpotensi untuk tumbuh dan berbuah di Indonesia.

Penemuan KL 1
Mungkin pendapat itu masih diklaim sebagai teori saja. Anggapan tersebut sah sah saja jika kita masih belum melihat sendiri. Namun kabar budidaya kurma tropis ini bukanlah isapan jempol belaka. Fakta tentang kesuksesan petani Thailand yang menemukan varian baru dari kurma ini ramai menjadi sorotan masyarakat. Pada tahun 1996 seorang petani Thailand bernama Sam Lak Juan berhasil membudidayakan kebun kurma. Kebun kurma tersebut diberi nama kebun kurma Kolak. Beliau melakukan penelitian terhadap kurma dan menghasilkan varian baru kurma yang diberi nama Kolak One atau dikenal dengan KL-1 Hybrid.

Melalui proses penelitian yang panjang lebih dari 10 tahun, telah terbukti KL 1 cocok tumbuh di iklim tropis dan dapat berbuah pada usia 3 tahun. Kurma Tropis KL 1 HYBRID adalah varietas baru hasil persilangan antara jenis Kurma Barhee dengan Kurma Deglet Nour. Saat ini kurma KL 1 sangat adaptif dengan iklim tropis dan cepat berbuah.  KL 1 sudah dapat berbuah di usia 3 tahun lebih cepat dibanding kurma tropis yang baru mulai berbuah di usia 7 tahun. Kurma Tropis juga terhitung produktif dengan penghasilan 15-30 kg per tandan !Selain itu, Pohon Kurma Tropis tidak begitu tinggi dibanding dengan Pohon Kurma pada umumnya di negeri gurun.

1 Pohon Kurma = 1 Hektar Kebun Sawit
\Potensi penghasilan kebun kurma sangatlah menggiurkan. Bayangkan saja, 1 pohon kurma bisa mendatangkan pendapatan Rp 35 juta sampai Rp 90 juta/per tahun. Coba kita bandingkan dulu dengan kebun sawit, yang 1 hektar-nya dapat menghasilkan 30 ton per tahun. Di Kalimantan Timur harga sawit hanya Rp 1.150/kg TBS (Tandan Buah Sawit). Maka hasil tahunan 1 hektar lahan kebun sawit sekitar Rp 34.5 juta. Itu artinya pendapatan 1 pohon kurma sebanding dengan 1 hektar kebun sawit. Bukankah ini peluang emas?!

Kampoeng Kurma
Di Indonesia sendiri sedang gencar pengembangan kebun kurma yang dilakukan oleh tim Kampoeng Kurma sekaligus menyediakan peluang usaha untuk para investor berupa kavling tanah sebagai perkebunan pohon kurma. Bisnis ini masih terhitung baru sehingga peluangnya sangat fresh dan menggiurkan. Kampoeng Kurma menawarkan kavling tanah ukuran 400-500 m2 gratis 5 pohon kurma yang dirawat sampai berbuah.

Kampoeng Kurma membuka lahan di daerah Jonggol, Tanjung Sari, Sinar Sari, Banten Selatan, Cipanas, Sultan Saladin dan Cirebon. Di awal pembukaan lahan kebun kurma di Jonggol, Kampoeng Kurma mendapat antusias luar biasa dari masyarakat. Sekitar 2200 kavling yang tersedia habis terjual hanya dalam waktu 3 bulan saja. Anda tertarik untuk memiliki kebun kurma ? Anda bisa bergabung berinvestasi kebun kurma di Kampoeng Kurma. Silahkan hubungi kontak Kurmapedia untuk info lebih lanjut dan booking kavlingnya.



Postingan Populer