Juragan Kurma Dari Arab

Juragan Kurma

Mungkin nama Sulaiman Al Rajhi tidak begitu familiar di telinga kita. Padahal beliau adalah seorang juragan kurma dan pengusaha asal Arab yang sangat kaya raya . Beliau adalah orang terkaya no 4 di Arab Saudi dan pernah masuk majalah Forbes sebagai orang terkaya ke 120 di negri arab. Namun kekayaan dan kesuksesannya tidak membuatnya terlena. Beliau kemudian menyerahkan kekayaannya kepada anak anaknya dan mendonasikan kepada yang membutuhkan.

Sulaiman Al Rajhi merupakan pendiri bank Islam terbesar di dunia bernama Bank Al Rajhi dan perusahaan terbesar di Arab Saudi. Tercatat pada 2011 kekayaan Sulaiman Al Rajhi mencapai 7,7 miliar dollar amerika. Padahal dirinya hanya sempat mengenyam pendidikan sampai sekolah dasar saja. Akan tetapi kerja keras dan tangan dinginnya ia berhasil mengelola saham utama di bank Al Rajhi.

Awal Kesuksesan
Kejayaan yang diraih Sulaiman Al Rajhi tidaklah semudah yang dipikirkan orang. Ia berasal dari keluarga miskin. Saking miskinnya kehidupan Al Rajhi muda, membuatnya harus pontang panting untuk bersekolah dan hanya tamat di level sekolah dasar. Meskipun begitu, bersama saudaranya Saleh, ia pun bekerja keras merubah nasib.

Dahulu, banyak pendatang yang hilir mudik di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi. Para pendatang tersebut dikenal dengan sebutan Pilgrims. Mereka ini adalah petualang yang menawarkan barang dagangan dan jasa. Bersama saudaranya, Al Rajhi muda melihat kesempatan ini untuk membuka usaha jasa penukaran uang.

Dan akhirnya usaha tersebut membuahkan hasil. Ia bahkan mempunyai toko sendiri dari sebelumnya berkeliling mencari Pilgrims. Al Rajhi muda dan saudaranya pun menjadi terkenal dengan usahanya. Karena perputaran uang yang banyak, membuat Sulaiman Al Rajhi harus bolak balik ke bank. Dan dari situ, Sulaiman Al Rajhi ingin mendirikan bank sendiri.

Sulaiman Al Rajhi melakukan studi banding ke luar negeri untuk mendirikan bank. Hingga pada tahun 1958 Al Rajhi Bank pun berhasil didirikan. Dan pada tahun 2006, Al Rajhi Bank dinobatkan sebagai Bank Islam Terbesar Di Dunia.

Selain sukses dengan Bank Al Rajhi, Sulaiman Al Rajhi juga memiliki kebun kurma yang sangat luas di daerah Qasim, dekat Riyadh, Arab Saudi. Beliau pun mewakafkan kebun miliknya tersebut ke sebuah yayasan. Dan pada bulan Ramadhan buah kurma hasil kebun kurma tersebut dibawa ke Mekah dan Madinah sebagai menu berbuka puasa. Selain kebun kurma tersebut, masih ada 3 kebun kurma lain miliknya yang ia wakafkan untuk bulan Ramadhan.

Di hari tuanya,Sulaiman Al Rajhi melepas seluruh kekayaannya, dan hidup apa adanya tanpa sepeser uang pun. Meski demikian, Sulaiman Al Rajhi merasa tentram dengan hidupnya saat ini dan lebih dekat dengan keluarga.

Postingan Populer