Kurma Ajwa Pencegah Kanker

Kurma Ajwa, Kurma Nabi


Kurma Ajwa merupakan jenis kurma yang sangat terkenal bagi kaum muslimin. Dikarenakan kurma Ajwa sangat disukai Nabi Muhammad S.A.W dan disebut dalam hadis Bukhari mengenai keutamaannya yang sangat bermanfaat bagi manusia. Nabi Muhammad S.A.W bersabda “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” HR. Bukhari.

Dalam perkembangan jaman yang begitu pesatnya, khususnya dunia medis, sebuah penelitian yang dilakukan King Saud University, Riyadh, Arab Saudi, menemukan kurma ini mengandung unsur aktif yang berguna dalam pencegahan penyakit diantaranya kanker. Penelitian tersebut mengatakan, kurma Ajwa memiliki manfaat bagi kesehatan, mengandung zat anti-inflammatory serupa dengan obat yang tersedia secara komersial seperti ibuprofen dan aspirin . “Ajwa mengandung anti oksidan sama seperti produk komersil yang ada dipasaran,” ujar Prof.Muraleedharan Nair kepala laboratorium di University of Michigan.

Menurut pakar kesehatan , kurma Ajwa mengandung banyak flavonoid glikosida , yang memiliki sifat anti - oksidan . Selain manfaat anti - oksidan dan anti - inflamasi , kandungan gula Ajwa monosaccharaides, membuat kurma ini bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes.

Kurma Ajwa juga memiliki efek penghambatan cyclo - oxygenase yang mirip dengan komersial obat anti - inflamasi seperti aspirin , ibuprofen , dan naproxen celebrex .

Selain manfaatnya yang luar biasa, kurma Ajwa memiliki rasa yang enak dan lembut. Kurma Ajwa dapat kita jumpai banyak di kampung asalnya, Madinah.



Postingan Populer