Kisah Budak Sedekah Kurma

sedekah kurma

Kisah budak dermawan ini dapat dijadikan pelajaran yang berharga bagi kita semua. Kisah seorang budak wanita yang batal masuk neraka dikarenakan sedekah kurma. Berikut ini secebis kisahnya.

Suatu ketika Ummul Mukminin, Siti Aisyah r.a meminta kepada suami tercinta Nabi Muhammad S.A.W untuk memiliki budak. Saat itu masih ada perbudakan yang diperjual belikan. Ummul mukminin pun pergi ke pasar dan memilah milah diantara para budak untuk dibawa pulang. Dan pilihan beliau r.a pun jatuh pada seorang jariyah, seorang budak wanita yang dirasa dapat membereskan pekerjaan rumah beliau r.a . Kemudian diajak pulang lah budak wanita tersebut ke rumah beliau r.a. Namun sesaat kemudian, malaikat Jibril turun ke bumi dan berkata kepada Nabi Muhammad S.A.W ;

يا محمد أخرج هذه الجارية من بيتك فإنها من اهل النار

"Wahai Muhammad, keluarkanlah budak itu dari rumahmu! karena sesungguhnya ia adalah ahli neraka" perintah Jibril.

Sesampainya di rumah, Nabi Muhammad S.A.W tidak menerima budak tersebut dan menyuruhnya kembali pulang. Namun budak tersebut memohon sambil menangis agar diterima bekerja di rumah Nabi Muhammad S.A.W. Namun Nabi tetap menolaknya dan membebaskannya sebagai budak. Dan untuk menghibur budak wanita tersebut, Nabi Muhammad S.A.W memberikannya sebutir kurma sambil berkata: “mudah-mudahan sebiji kurma ini dapat mengantarkanmu kepada kebaikan”.

Versi lain, saat Nabi Muhammad S.A.W mendapat wahyu untuk mengeluarkan budak wanita yang dibawa oleh Siti Aisyah r.a, Nabi S.A.W  pun mengutarakannya kepada beliau r.a. Dengan perasaan sedih dan iba beliau r.a melepas budak wanita tersebut dan membekalinya dengan beberapa kurma.

Kemudian pergilah budak wanita tersebut dengan  bersedih hati sambil menggigit demi sedikit kurma yang diberikan Nabi S.A.W. Ia pun berjalan tanpa arah dan tujuan yang jelas. Di tengah perjalanan ia bertemu dengan pengemis yang sedang kelaparan dan meminta belas kasihnya agar diberi makanan untuk perutnya yang kosong. Sang budak wanita tersebut merasa iba dan kasihan kepada pengemis itu. Maka ia pun memberikan sisa kurma yang ia gigit sejak tadi kepada pengemis tersebut. Si pengemis itu pun merasa senang dan bahagia memakan kurma pemberian budak wanita tersebut. Sungguh Allah Maha Menyaksikan segalanya termasuk perbuatan budak wanita tersebut. Allah pun merubah posisi budak tersebut dari ahli neraka menjadi ahli surga. Kemudia malaikat Jibril memberi tahu Nabi agar memanggil kembali budak wanita tadi karena ia telah menjadi ahli surga berkat sedekah kurma kepada seorang pengemis. Budak wanita tersebut dicari sampai ketemu dan menjadi pembantu Rosulullah S.A.W.

Referensi
http://www.nu.or.id/post/read/78324/kisah-budak-batal-masuk-neraka-karena-sedekah
http://www.stitsunangiribima.ac.id/2016/06/nilai-sedekah-infaq-dihadapan-tuhan.html

Postingan Populer