Daftar 40 Jenis Kurma Dunia

jenis jenis kurma

Mungkin banyak dari kita hanya mengetahui bahwa buah kurma itu itu saja. Padahal ada banyak jenis kurma yang tersebar di muka bumi dengan karakteristik berbeda tiap jenisnya. Subhanallah. Berikut ini adalah Daftar 40 jenis kurma yang tersebar di dunia.

1. Kurma Ajwa : disebut juga dengan nama Kurma Nabi. Kurma jenis ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan lahir batin. Warnanya hitam kelam, ada garis garis kecilnya dan ada aromanya. Dagingnya lembut dan rasa manisnya sedang.

2. Kurma Aabel : varietas kurma yang  paling banyak di Libya.

3. Kurma Amir Hajj : disebut juga dengan Kurma Tamu karena biasa disajikan untuk menjamu tamu. Kurma ini  berasal dari Irag. Dagingnya tebal namum empuk.

4. Kurma Abid Rahim : kurma yang berasal dari Sudan, disebut dabino di Nigeria. Kurma Dabino umum dikonsumsi kaum muslimin Nigeria saat berbuka puasa.

5. Kurma Barawakawi : berasal dari Sudan.

6. Kurma Barhee/barhi : berasal dari kata 'barh' dalam bahasa arab yang artinya 'angin panas'. Kurma jenis ini memiliki bentuk silinder, berwarna kuning sawo muda sampai coklat jika sudah matang, memiliki daging tebal dan empuk.

7. Kurma Bireir : berasal dari Sudan.

8. Kurma Deglet Noor : yang berarti kurma bercahaya karena bagian tengah kurma ini bersinar keemasan jika dihadapkan kepada matahari. Kurma jenis ini paling banyak dijumpai di Aljazari, USA dan Tunisia. Rasa kurma Deglet Noor tidak terlalu manis.

9. Kurma Derrie/ Dayri (kurma biara) : berasal dari Iraq Selatan.

10. Kurma Empress : dikembangkan oleh keluarga Deval di Indio, California, USA, dari benih Kurma Neglet Noor. Buahnya lebih, besar, lebih manis dan lebih empuk dari Neglet Noor.

11. Kurma Khalasah : bahasa Arab yang memiliki arti 'sari pati'. Kurma jenis ini paling populer di Arab karena rasa manisnta yang tidak terlalu manis maupun tidak kurang manis. Kurma ini dihasilkan dari sebuah tempat di provinsi Sharqheyah, Arab Saudi bernama Huffuf (Al Ahso).

12. Kurma Khastawi : merupakan jenis kurma yang empuk yang paling banyak di Iraq. Kurma jenis ini memiliki ukuran kecil dan berlendir seperti sirup. Biasanya kurma jenis ini disajikan sebagai hidangan penutup.

13. Kurma Ftimi atau Alligue : merupakan jenis kurma yang tumbuh di kawasan oase Tunisia.

14. Kurma Halawy : dalam bahasa Arab berarti 'manis'. Kurma jenis ini memiliki ukuran kecil sampai sedang. Rasanya sangat manis dan dagingnya empuk.

15. Kurma Haleema : berasal dari kota Hoon, Libya. Haleema merupakn nama wanita.

16. Kurma Hayany : berasal dari Mesir. Memiliki warna merah kehitaman hingga hitam. Hayany merupakan nama laki laki.

17. Kurma Iteema : banyak terdapat di Aljazair.

18. Kurma Kajur : merupakan jenis kurma yang tumbuh di Pakistan.

19. Kurma Kenta : banyak ditemukan di Tunisia.

20. Kurma Khadrawy : bahasa Arab berarti 'hijau'. Dagingnya empuk dan warnanya sangat gelap. Termasuk jenis kurma yang digermari oleh negara Arab.

21. Kurma Maktoom : bahasa Arab yang berarti 'tersembunyi'. Kurma jenis ini memiliki ukuran besar, bewarna merah kecoklatan, dagingnya empuk dan rasanya tidak terlalu manis.

22. Kurma Manakbir : jenis kurma yang memiliki ukuran besar dan cepat matang.

23. Kurma Medjool : bahasa Arab yang berarti 'tidak dikenal'. Kurma jenis ini berasal dari Maroko. Banyak juga ditanam di Amerika Serikat dan Yordania. Kurma jenis ini memiliki ukuran besar dan rasa yang manis.

24. Kurma Migraf/Mejraf : sangat terkenal di Yaman. Kurma jenis ini memiliki ukuran besar dan warna kuning sawo keemasan.

25. Kurma Mgmaget Ayoeb : berasal dari Hoon, Libya.

26. Kurma Mishriq : bahasa Arab yang berarti 'timur'. Kurma jenis ini berasal dari Sudan dan Arab Saudi.

27. Kurma Nabtat-seyf : banyak ditanam di Arab Saudi.

28. Kurma Sag'ai' : jenis kurma yang banyak dihasilkan di Arab Saudi.

29. Kurma Saidy/Saidi : jenis kurma yang sangat empuk dan sangat manis. Kurma jenis ini sangat populer di Libya.

30. Kurma Sayer : bahasa Arab yang berarti 'umum'. Kurma jenis ini memiliki warna jingga kecoklatan, ukuran sedang dan berair.

31. Kurma Sekkeri (bergula) : kulitnya berwarna cokelat gelap. Rasanya manis dan dagingnya empuk sekali. Kurma jenis ini  berasal dari Arab Saudi.

32. Kurma Sellaj : terdapat di Arab Saudi.

33. Kurma Tagyat : umumnya terdapat di Libya.

34. Kurma Tamej : Libya.

35. Kurma Thoory : merupakan jenis kurma yang populer di Aljazair. Termasuk dalam jenis kurma kering. Biasa digunakan untuk mengobati memar dan kulit keriput. Dagingnya terkadang keras dan liat. Rasanya manis dan bertekstur.

36. Kurma Umeljwary : Libya.

37. Kurma Umelkhashab : berkulit merah, rasanya manis campur pahit, dagingnya berwarna putih dan keras. Kurma jenis ini berasal dari Arab Saudi.

38. Kurma Zahdi : bahasa Arab berarti 'petapa'. Kurma jenis ini berukuran sedang, lonjong, berwarna coklat terang, agak kering dan bergula. Kurma Zahdi dijual dalam keadaan empuk, agak keras dan keras.

39. Kurma Mesir : berasal dari Mesir. Dagingnya lembut dan rasanya manis.

40. Kurma Ruzeiz : berasal dari Arab Saudi. Dagingnya lembut dan legit. Rasanya manis. Kurma Ruzeiz berbentuk bulat, keriput dan berwarna coklat tua kemerah merahan.

Selain Daftar 40 Jenis Kurma Dunia di atas, masih banyak lagi jenis kurma lainnya. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan informasi untuk kita semua.


Referensi : Buku Khasiat dan Keajaiban Kurma dan sumber lainnya.

Postingan Populer