Rintihan Sebatang Pohon Kurma

Rintihan Pohon Kurma
Ilustrasi Pohon Kurma


Suatu hari, ketika Nabi Muhammad s.a.w sedang berkhutbah di atas mimbar, menyampaikan firman dan ajaran Allah, tiba tiba terdengar suara rintihan di dalam masjid. Suara rintihan yang begitu memilukan. Seperti suara rintihan bayi yang kehilangan ibunya. Para sahabat pun menjadi bertanya tanya asal rintihan tersebut. Para sahabat mencari sumber suara tersebut, namun tak ditemuinya. Mendengar suara rintihan tersebut,  Sang Nabi s.a.w yang saat itu sedang berkhutbah tiba tiba memutus khutbah Beliau s.a.w, turun dari mimbar dan menuju ke sumber suara rintihan tersebut. Suara rintihan tersebut ternyata berasal dari sebatang pohon kurma tua nan kering yang berada di dalam masjid. Sebuah pohon kurma tua yang dahulu biasa dipegang Nabi s.a.w saat menyampaikan firman firman Allah. Sebuah pohon kurma tua yang dahulu biasa digunakan Nabi untuk dijadikan semacam mimbar untuk menyampaikan khutbah, sebelum akhirnya diganti oleh para sahabat dengan sebuah mimbar yang baru. Rintihan tersebut adalah rintihan cinta sebatang pohon kurma yang tidak mau ditinggal oleh sang kekasih alam walau beberapa langkah. Pohon kurma tersebut tidak mau ditinggal Nabi untuk sebuah mimbar baru.

Apalah artinya sebatang pohon kurma tua yang kering. Namun akhlak Nabi Muhammad begitu agung. Beliau memeluk sebatang pohon kurma tua yang merintih tersebut dengan penuh cinta seperti pelukan ibu kepada bayinya. Kemudian Nabi Muhammad mengucapkan sesuatu yang tidak dapat terdengar oleh para sahabat, yang menjadikan rintihan pohon kurma tersebut berhenti. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Nabi s.a.w berkata kepada pohon kurma tersebut, "engkau berhentilah merintih, engkau akan aku jadikan mimbarku di surga"  baru pohon kurma tua itu berhenti merintih. Dan kemudian Nabi Muhammad berkata kepada para sahabat, "wahai sahabatku, jika seandainya tidak aku peluk pohon tersebut, maka dia akan merintih sampai hari kiamat".

Jika demi sebatang pohon kurma tua saja Nabi s.a.w rela turun dari mimbarnya, maka bagaimana bila umatnya yang merintih?

Tonton video berikut ini


Postingan Populer