Tips Menyimpan Madu

Tips menyimpan madu

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui bagaimana cara menyimpan madu dengan baik. Tips berikut dapat anda gunakan agar madu yang anda miliki di rumah tetap terjaga kualitasnya.

Pertama, usahakan madu yang anda miliki disimpan dalam media kaca seperti botol kaca atau toples kaca. Umumnya madu yang beredar di pasaran sudah dikemas dalam botol kaca. Namun jika madu yang anda miliki dikemas dalam botol plastik mineral dan sejenisnya, ada baiknya jika anda mengganti media penyimpanannya.

Kedua, tutup rapat botol madu anda agar tidak bereaksi dengan lingkungan karena sifat madu yang higroskopis (mudah menyerap air).

Ketiga, simpan madu anda di tempat yang kering alias tidak lembab namun cukup sejuk dengan suhu sekitar sekitar 25 derajat celcius. Lalu pertanyaan timbul, " Apakah madu boleh disimpan dalam kulkas?". Ada baiknya madu tidak perlu disimpan dalam kulkas, karena ada kemungkinan terjadi kristalisasi kecuali jenis madu yang anda miliki adalah jenis madu randu atau madu akasia. Kedua jenis madu ini tidak mudah mengkristal. Namun bila anda ingin menyimpannya dalam kulkas untuk alasan tertentu, silahkan ikuti tips berikut ;
  • Bila madu yang anda simpan dalam kulkas mengkristal (tampak ada butiran butirannya), maka segera buku tutupnya lalu letakkan botol madu dalam panci yang berisi air mendidih hingga madu mencair kembali, Insya Allah kualitas madu tidak berkurang.
Keempat, hindari madu dari kontak langsung dengan sinar matahari karena dapat merusak atau menurunkan kualitas madu anda.

Demikian tips menyimpan madu yang baik yang disadur dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Postingan Populer