Tentang Kurma Ajwa

Kurma Ajwa Premium Asli Madinah

Kurma Ajwa merupakan jenis kurma kegemaran Nabi Muhammad s.a.w. Beliau sering berbuka puasa dengan kurma Ajwa. Oleh karena itu, kurma Ajwa dikenal juga dengan sebutan Kurma Nabi. Konon, kurma jenis ini hanya bisa ditanam di Madinah. Kurma Ajwa memiliki nilai historis, religis dan medis yang saling berkaitan yang akan dipaparkan di sini.

Nilai Historis Kurma Ajwa

Sejarah mencatat bahwa Nabi Muhammad s.a.w sendirilah yang menanam kurma Ajwa dengan tangan Beliau yang mulia. Penamaan Ajwa sendiri diambil dari nama seorang anak dari Salman Alfarisi. Beliau merupakan salah satu sahabat Nabi yang pada awalnya merupakan seorang Nasrani yang kemudian memeluk agama Islam lalu mewakafkan kebun kurmanya untuk perjuangan Islam. Sebagai penghargaan, Rosulullah menamakan kurma yang sering dimakan Beliau ketika berbuka puasa dengan nama anak Salman Alfarisi, yakni Ajwa. Oleh karena nilai historis inilah kurma Ajwa dikenal juga dengan sebutan kurma Nabi. Dan bagi kita sebagai umat Rosulullah, mengkonsumsi kurma Ajwa memiliki nilai sunnah dan kedekatan batin tersendiri sebagai bentuk mahabbah kita kepada Beliau s.a.w.

Nilai Religis Kurma Ajwa

1. Dari Aisyah bahwa Rosulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “ Sesungguhnya kurma ‘Ajwa (jenis kurma yang baik yang tumbuh di daerah ‘Aliyah dekat Madinah) mengandung obat, atau dia adalah penawar racun di pagi hari “ (Shahih Muslim, no 38 : 15).

2. Rosulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “ Barang siapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwa, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir “ (Shahih Bukhari, no 5025, Shahih Muslim no 3813 dengan narasi berbeda).

Kurma Ajwa dapat dikatakan sebagai salah satu bukti ke-nabian Baginda Nabi Muhammad s.a.w. Sejak lebih dari 1400 tahun silam, Beliau s.a.w sudah menyebut nyebut keistimewaan buah kurma, khususnya kurma Ajwa, mengenai khasiat kurma dalam dunia kesehatan dan spiritual. Dan sebagai orang beriman, kita wajib meyakini dengan sepenuh hati bahwa apa pun yang dijanjikan oleh Allah dan Rosul-Nya pasti memiliki hikmah di dalamnya dan sudah selayaknya bagi kita untuk mengamalkannya. Meskipun sebelumnya ilmu pengetahuan belum secanggih zaman sekarang sehingga mungkin belum bisa dibuktikan oleh perangkat ilmiah, namun dengan perangkat keimanan para pendahulu kita dapat meyakininya dengan sepenuh hati dan mampu mengamalkannya dengan sebaik baiknya. Dan terbukti kini, setelah diteliti secara ilmiah, kandungan buah kurma Ajwa memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit lahir dan batin. Dan hal ini sejalan dengan apa yang telah dijanjikan oleh Rosulullah s.a.w dalam beberapa hadis Beliau.

Baca juga : Kurma Ajwa Kemasan Baru 1 Kg


Nilai Medis Kurma Ajwa

Dikutip dari sebuah situs khasiat, kurma Ajwa mengandung vitamin B1, E, B6, B12, C, K dan A. Selain itu, kurma Ajwa mengandung banyak gula, lemak jenuh, energi, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, protein, magnesium, sodium, seng, zat besi dan kalium.

Kandungan nutrisi per 100 gram (3,5 oz)
(sumber : warassehat)

  • Karbohidrat (75 g)
  • Energi (1,180 kJ/280 kcal)
  • Gula (63 g)
  • Serat pangan (8 g)
  • Lemak (0.4 g)
  • Air (2.5 g)
  • Vitamin C (0.4 mg/1%)
  • Mangan (0.262 mg)

Berikut beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi kurma Ajwa yang disadur dari beberapa sumber situs.

  1. Mencegah penuan dini.
  2. Mencegah stroke.
  3. Menambah energi.
  4. Anti hipertensi.
  5. Anti kanker.
  6. Baik untuk pencernaan.
  7. Anti oksidan alami.
  8. Menyehatkan jantung.
  9. Anti rematik.
  10. Mengobati demam berdarah.
  11. Menyembuhkan penyakit BAB.
  12. Mentralisir racun.
  13. Menambah produksi sel darah merah.
  14. Menyegarkan tubuh.
  15. Anti inflamasi alami.
  16. Baik untuk ibu hamil dan bersalin.
  17. Kesuburan reproduksi.
  18. Nutrisi asi.

Ciri Ciri Kurma Ajwa Asli


kurma ajwa asli
Kurma Ajwa Asli Ada Garis Garis
Kurma ajwa yang asli dapat kita lihat dari warnanya yang hitam pekat dan ada beberapa garis atau guratan guratan kecil. Kurma ajwa memiliki aroma yang harum. Rasanya sedang, tidak terlalu manis. Indikasi lainnya adalah adanya semut atau serangga lain di sekitar kurma Ajwa bila dibiarkan terbuka. Kurma Ajwa yang asli mempunyai tekstur lebih keras, tidak lembek tapi lembut saat dimakan. Berbeda dengan kurma Lulu yang lebih lembek saat disentuh. Karena memang secara kasat mata kurma Lulu memiliki kemiripan dengan kurma Ajwa. Sehingga perlu ketelitian bagi para pembeli untuk membedakan kurma Ajwa dengan kurma Lulu. agar terhindar dari penipuan.

***

Anda dapat mendapatkan Kurma Ajwa asli dengan cara memesannya di toko toko kurma terpercaya yang ada di Indonesia. Kurmapedia sebagai salah satu toko penjual kurma, menyediakan aneka jenis kurma termasuk Kurma Ajwa Asli Madinah dengan kualitas Premium dengan pengemasan dan treatment yang baik, sehingga layak dikonsumsi dan dijadikan hadiah untuk orang orang kesayangan anda. Semoga kehadiran Kurmapedia dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia secara luas, khususnya umat Islam, untuk dapat mengkonsumsi kurma Ajwa dan kurma jenis lainnya dengan kualitas Premium tanpa harus khawatir dengan kurma kurma 'palsu'. Silahkan menghubungi kontak Kurmapedia untuk memesan kurma Ajwa Asli Madinah.

Terakhir, Kurmapedia mengajak kita semua umat Islam agar mencintai semua sunah Nabi dan mengamalkannya. Salah satunya dengan mengkonsumsi kurma Ajwa. Semoga sehat dan barokah.

Order Now !!
Whatsapp : 0852 8789 7005
Bb : 57029CFF


video

Related post
Kurma Royal Ajwa 330 gram
Kurma Royal Ajwa 75 gr

Postingan Populer